Friday, March 08, 2013

Ayam Taliwang di Sudut Pasar 8 - Heavenly


Suatu siang di perkantoran – Alam Sutera Serpong,
“Eh suka ayam taliwang ga?” tanya seorang teman kantor..
“Suka dong, emang ada di daerah sini yang enak?” balas saya.
“Ada di Pasar 8, enak dan pedas banget deh, makan sana yuk” tandas teman saya.
“Pasar 8 mananya?” tanya saya lagi.
“Di warung-warung tendanya. Pasar 8 kan kalau malam parkirannya jadi warung-warung tenda gitu.” jelas teman saya.

Pasar 8 adalah kawasan pasar modern di area estate Alam Sutera Serpong – Tangerang yang berjarak kurang lebih 16 kilometer dari Jakarta Barat (Grogol). Kawasan Pasar 8 ini tepat terletak disebelah Flavor Bliss (kawasan street food di estate Alam Sutera) dan diseberang Living World Mall. Setiap harinya sejak kisaran pukul 6 petang, sebagian area parkir dari pasar ini, berubah fungsi menjadi warung-warung tenda yang menyajikan ragam kuliner nusantara, dari seafood medan, nasi campur Bali (halal), bubur, nasi uduk,dan lain-lain, termasuk ayam taliwang khas Lombok.

Ayam Taliwang adalah salah satu makanan khas dari Lombok (Nusa Tenggara Barat). Ayam yang digunakan biasanya ayam kecil (anakan) dengan berbagai rempah dan bumbu nusantara. Ayam bakar ini biasanya memiliki rasa yang gurih dan pedas, jadi bagi penggemar masakan pedas, yakinnya akan menyukai ayam ini.
Ayam Bakar Taliwang Pasar 8 ini, dibandrol dengan harga kurang lebih Rp 29.000,- per ekor dengan ayam yang disajikan utuh dan biasa untuk konsumsi porsi satu orang (diameter ayam sekitar 18 cm).

Saya dan beberapa teman pun menyempatkan diri mencoba Ayam Bakar Taliwang Pasar 8 ini dan hasilnya adalah … bibir dower kepedasan … KETAGIHAN, mau dan mau lagi!
Ayam bakar dengan rasa rempah dan bumbu yang berani, empuk, pedas tidaklah cukup untuk dinikmati dengan seporsi nasi putih, melainkan dua porsi nasi putih dan seporsi  Plecing Kangkung yang juga merupakan salah satu pasangan dari ayam taliwang khas Lombok.
Jangan ragu pesan satu ekor ayam untuk satu orang, dijamin habis. Teman saya yang biasanya makan dalam menu porsi super mini saja, mamapu menghabiskan seekor ayam dan seporsi nasi putih.

Perlu diwaspadai pada saat memesan tingkat kepedasan ayam bakar taliwang ini. Ayam bakar taliwang di Pasar 8 ini bisa dipesan dari tidak pedas, sedang, pedas dan super pedas. Saya yang penggemar masakan super pedas sampai saat ini hanya berani memesan yang pedas saja haha, mungkin next visit pada saat lagi kumat gilanya, baru saya akan coba yang super pedas.

Suatu sore di perkantoran – Alam Sutera Serpong,
“Eh pulang kantor, makan ayam taliwang Pasar 8 yuk?” ajak saya kepada teman-teman kerja saya.

8 comments:

  1. ngiler juga nih! pengen ke sana belom jadi2. thanks rekomennya om!

    ReplyDelete
    Replies
    1. always my pleasure dear my big fella pecinta kuliner pedas nikmat

      Delete
  2. asli pedes buangettttt tp nangih.... enak...

    ReplyDelete
  3. memang langganan sini..saya setiap kesini sanggup menghabiskan ayam seekor, nasi tiga porsi, plecing kangkung, sama es teh tawar sendiriaaaannn...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap bro Rico :)
      #sahabatTaliwangPasar8

      Delete
  4. ayam taliwang emang enak apalagi kalau dinikmati di daerah asalnya sendiri, ayo buat traveller pencinta pulau lombok yang suka jalan sendiri ala backpacker atau yang traveling dengan ngambil paket wisata lombok .. ada lagu yg pas sekali untuk tulisan ini.. judulnya : lombok i love you - #song #reggae #amtenar - makasih untuk tulisannya ini ya kakak. cheers

    ReplyDelete
  5. buat traveller pencinta pulau pulau se Indonesia, bali, lombok, dll, yang suka jalan sendiri ala backpacker atau yang traveling dengan ngambil paket wisata lombok .. ada lagu yg pas sekali untuk tulisan ini.. judulnya : INDONESIA i love you - oiya, indonesia juga terkenal lho akan oleh-olehnya kalo kita travelling.. nah sebagai salah satu ide oleh oleh mungkin bisa cari orang atau toko oleh oleh yang jual madu asli , karena madu asli itu bagus buat oleh oleh atau dikonsumsi sendiri saat travelling, biar jalan jalannya kuat dan tetap sehat (karena madu bisa jaga sehat & stamina kita)- makasih untuk tulisannya ini ya kakak. cheers

    ReplyDelete