Saturday, June 11, 2011

Bromo plus Surabaya : )

Lagi duduk bengong gini, jadi kepengen traveling lagi nih. Hm tapi malang kali nasib ini, selain duit cekak jatah cuti juga mepet banget neh. Biasa saya traveling dengan group yang kecil, paling maksimal 5 orang saja dan tentunya saling kenal semua aka teman-teman sendiri. Hanya 1 kali deh traveling dengan lumayan banyak peserta (cuman 8 orang sih kikikik, tapi dari 1 kantor yang sama, walhasil ngajuin cutinya pake akal-akalan supaya bisa approved semua). Kala itu sekitar pertengahan akhir Juli 2010 (tanggal 23 sampai 25 lah) kami memutuskan untuk ke Bromo dan sekalian sedikit culinary tour di Surabaya. Planning dibuat dan dirembukin sehingga akhirnya kata sepakat pun didapat, bahkan sampe tempat-tempat culinary tour-nya pun sudah kita susun dengan beberapa alternative pengganti (secara waktu di Surabaya ga banyak juga). Plan kita berangkat dari Jakarta Jumat pagi dan harus sampai Jakarta lagi Minggu sore/petang, secara Senin pagi kudu ngantor semua.

Trip kali ini saya dibantu temen sekolah dulu yang kebetulan punya usaha travel agent untuk antar jemput group mini ke Komplek Gunung Bromo (cuma sampai desanya doang yah, ga sampai di bawah Kawah Bromo-nya, karena entah sejak kapan diterapkan perarturan bahwa mobil pribadi hanya bisa sampai desa aja). Dengan mengingatkan akan persahabatan sejak SMP sampai sekarang (jiah ajian ngerayu diskon) akhirnya dapat harga yang relative murah, less than 1 million rupiah (kalo ga salah Rp 900.000,-an deh) untuk mobil Elf dengan kapasitas 11 orang penumpang, termasuk sopir dan BBM-nya (plus nanti kudu kasih tuh sopir uang makan dan tips).

Beberapa hari sebelum hari H sopirnya telepon dan nawarin booking mobil HardTop buat nganterin kami ke Penanjakan dan Kawah Bromo, karena bulan itu masih masuk high season dan pas malam minggu, jadi seringnya banyak turis yang kehabisan HardTop jadi kudu jalan (ga kebayang deh) atau bengong di desanya. Harga bookingan yang ditawarkan juga standar (Rp 300.000,- per mobil tapi hanya dengan tujuan Penanjakan dan Kawah Bromo pulang pergi, jika ingin ke tujuan lain kayak Lembah Teletubbies dan lainnya, kudu nambah lagi Rp 50.000,- per mobil per tujuan tambahan), jadi kita booking 2 mobil HardTop (1 HardTop biasanya yang nyaman muat untuk 5 orang penumpang saja even kapasitas maksimal super maksa bisa juga buat 8 orang penumpang – nah ada ceritanya nih ntar yah).
Sedangkan untuk keliling di Surabaya (termasuk penjemputan dan pengantaran di dan ke airport) kami menyewa mobil APV beserta sopirnya dengan harga yang wajar juga, lupa nih but less than Rp 500.000,- per day-nya (plus kasih uang makan and tips), jadi disananya ga ribet mau kemana-mana dan jelas jauh lebih murah dan flexible jika dibanding naik taxi (skip angkutan umum lainnya yah, karena kita sepakat lagi males super kere di sono hehehehe).

Dalam perjalanan ini kami seperti biasa menunjuk satu orang untuk jadi bandar duit untuk pengeluaran bersama termasuk makan (jadi ga bayar sendiri-sendiri, bisa-bisa disambit bakiak ama yang jual, dengan sistem pukul rata, asal tau diri sendiri kalo pesan hehehe). Sistem ini selain bikin kita ga ribet, bikin pengeluaran duit juga terkontrol lho dan mau ga mau bikin kita ga laper mata aka pesen ini itu eh ga taunya ga habis.
Sisi baik lain dari sistem kas bersama ini juga mengatasi ribetnya itung-itungan jika ada yang pesen 1 porsi sharing tapi ga buat semuanya (sharing berdua atau bertiga doang gitu, padahal kita ber-8).
Untuk penginapan kami pilih yang budget hostel dengan harga less than Rp 150.000,- per day buat berdua (ada yang king size bed dan ada yang double bed), full ac dan kamar mandi dalam, kalo ga salah ada air panasnya juga deh (siapa peduli! secara Surabaya udah panas banget, ga bayangin mandi air panas) plus masih ada breakfast juga (even sederhana banget sih, cuman teh atau kopi secangkir dan roti panggang buat masing-masing orang.) Selain kondisinya cukup lumayan untuk budget hostel lho yah, letaknya juga cukup strategis di Jl. Ngagel Jaya Barat (hehehe secara dulu ngekost daerah sono juga pas kerja di Surabaya even cuman 8 bulan), jadi kemana-mana ga terlalu jauh, kecuali ke daerah Pakuwon Supermall. Uang kas bersama terkumpul, booking-an untuk hal-hal yang crucial beres dan hari H tiba juga.

DAY ONE
Jumat pagi kami sepakat untuk ketemuan di Bandara Soekarno Hatta di depan terminal 1-B. Rombongan saya yang tempat tinggalnya di daerah Grogol tiba duluan dan daripada bengong bego di depan Terminal 1-B, kami sepakat nunggu di Solaria (agak menyimpang deket Terminal 1 A sih tapi dijabanin juga).
Dalam waktu kurang dari 1 jam, semua peserta sudah ngumpul bahkan ada yang sempet makan dan minum (kalo ga bakalan diusir ama mas/mbak waitress-nya hehehe). Singkat kata kami masuk ke Terminal 1-B, check in dan lenggang kangkung muterin ruang tunggu airport.

Sebagian peserta masuk executive lounge, sebagian lagi langsung ngacir ke ruang tunggu boarding, secara credit card platinum yang ada ga cukup kalo buat masukin semua ber-8 dan tahu sendirilah Terminal 1 ruang tunggunya ga kayak terminal 2 atau 3 yang gede and banyak pilihan buat nongkrong.

Dasar pada narsis-narsis walhasil yang ada di ruang tunggu boarding pada foto-foto hehehe ama berisik gangguin ketenangan orang lain yang pada baca koran, buku, majalah atau orang yang asik masyuk mainan hp or bb. Hal ini ternyata berlanjut dalam pesawat terbang (tentunya sebelum take off dan ga seheboh di ruang tunggu hehehe) dan pas sudah landing di Bandara Juanda Surabaya, tepatnya di depan pintu keluar kedatangan domestic hehehe.

Tidak terlalu lama menunggu, mobil APV yang di carter pun datang juga dan segera meluncur ke destinasi pertama siang itu yaitu Nasi Udang Bu Rudy di Jl. Dharmahusada, yang tenar dengan sambelnya yang mak nyus banget. Apes bener dah, sopir yang seharusnya nyupirin mobil APV kita berhalangan dan digantikan dengan sopir antar kota, walhasil doi kaga tau jalan di Surabaya (downtown-nya). Dengan mengais-ngais sisa memori 8 bulan hidup di Surabaya (4 tahun before deh) dan nyasar dikit-dikit akhirnya sampai juga deh di Bu Rudy. Untungnya ga terlalu ramai karena emang udah jam lewat makan siang juga sih. Tanpa babibu kami langsung ribet pesen ini itu.

Eh lah dalah salah satu peserta yang tulen Jakarta pesen menu Pecel Ayam dan terbengong-bengong pas makanannya datang yaitu nasi pecel dengan ayam goreng, wakakaka doi kira menu pecel ayam yah terdiri dari nasi putih, ayam goreng dan sambel hahahaha (#kode: madam).

Penyajian cukup cepat dan rasa boleh diadu tentunya. Sebelum hidangan utama datang, tak lupa kami jajal tahu goreng dan bakwan jagung ala Jawa Timur (soalnya beda ama bakwan jagung di Yogyakarta dan Jakarta. Di Jawa Timur bakwan jagung adalah gorengan olahan murni jagung semua yang di haluskan sedikit kasar, bukan adonan bakwan sayur yang sayurnya diganti dengan protolan jagung) yang disajikan hangat-hangat dengan cabe dan petis.
Untuk minuman kita bisa pilih ukuran regular atau jumbo. Yang pasti ukuran jumbonya bener-bener jumbo, dengan gelas berdiameter about 8 cm dan tinggi about 20 cm, nah bener-bener bikin puas kan glegek tuh minuman dingin.

Pas mau bayar di kasir eh Bu Rudy-nya nongol, nggak sadar saya bilang “wah tante kurusan banget yah” dan dari sanalah terjadi percakapan yang cukup panjang perihal cara doi jadi kuyus tanpa diet makan sama sekali dengan cara herbal. Lepas santap siang, kami segera melanjutkan ke next destinasi yaitu rumah sodara salah satu peserta (#kode: rempong) karena kita mau nebeng ngasoh dan mandi buat persiapan ke Bromo hehehe. “Lha kan ada hostel?” jadi begini berhubung kami sampainya sudah siang maka kami memutuskan tidak booking hostel untuk hari itu (tgl 23), toh kami malamnya sudah dijemput mobil yang akan membawa kami ke Bromo dan baru sampai di Surabaya lagi keesok harinya (tgl 24) sekitar siang menjelang sore hari, so buat apa mubasir buang sewa hostel buat semalam? (hanya bisa dilakukan jika ada yang punya sodara atau temen yang bisa ditebengin hehehe).

Perjalanan ke “rumah singgah” cukup memakan waktu, bukannya jaraknya yang jauh bahkan dekat banget ama Dharmahusada karena “rumah singgah” ini letaknya ga jauh dari Galaxy Mall, tapi tepatnya karena nyasar muter sana sini ga jelas, Tanya orang-orang juga jawabannya beda-beda hadehhhhh, mana ada salah satu peserta yang terkena imbas pedasnya sambel Bu Rudy hahaha, akhirnya melipir bentar ke Galaxy Mall buat nungguin doi “turun muatan” dulu (#kode: pakcik).
Sempet bĂȘte juga ga nemu-nemu nih rumah tapi sampai juga sih (secara akhirnya kita dijemput ama yang punya “rumah singgah” di Galaxy Mall dan dituntun ke rumahnya) dan langsung disuguhi dengan minuman dingin. Ada mineral water, aneka softdrink dan juice yahuiiii (langsung deh bĂȘtenya ilang, makasih yah om dan tante).

Berbenah bentar, gantian mandi and beberapa peserta sempet leyeh-leyeh bentar, siap juga kami melanjutkan perjalanan. Pas pamitan ke yang punya “rumah singgah”, ternyata kami sudah disiapkan berbagai macam kue berdus-dus buat bekal di jalan menuju Bromo, duh jadi ga enak deh udah ngerepotin lagi tapi yah yahuiiii lagi (makasih lagi om dan tante muahhhhh).

Destinasi berikutnya adalah ke daerah Bratang kalo ga salah inget, buat dinner di Nasi Pecel Bu Kus (bener ga? Hiks maap saya memang susah banget nginget-nginget yang kayak gini). Dalam perjalan ke Bu Kus kami sempatkan mampir dulu ke Igor Bakery and Pastry di Jl. Biliton beli pudding buat dikirim ke om dan tante yang baik tadi hehehe (biar boleh mampir lagi yah om dan tante kikikik).

Dinner di Bu Kus pun kami selingi dengan berfoto narsis ria, sebelum akhirnya bengong ga jelas mau kemana lagi. Rembuk punya rembuk kami sepakat ke Tunjungan Plaza buat sekedar ngabisin waktu nunggu di jemput ama mobil yang akan membawa kami ke Bromo. Pas banget juga lokasi titik temunya adalah di Mc Donalds yang depan Tunjungan Plaza.
Mampir ke Tunjungan Plaza ga berlangsung lama aka isinya cuman beli aqua, cemilan ringan buat di perjalanan dan di Bromo and buang air kecil buat beberapa peserta yang beser abis sebelum akhirnya kami memutuskan menunggu mobil jemputan di Mc Donalds depan Tunjungan Plaza dengan diisi dengan ngopi-ngopi dan buat saya sambil ngerokok (saya satu-satunya peserta yang merokok hiks) dulu sepuasnya, secara ntar perjalanan lama ke Bromo bakalan ga bisa ngerokok dalam mobil.

Asik-asik ngobrol ngalor ngidul eh ngelihat mobil ELF gede masuk ke parkiran Mc Donalds. Segera seyakin-yakinnya kita menuju ke mobil ELF tersebut, well kemungkinan kecil orang mau ke Mc Donalds pake mobil ELF and ga mungkin nganter turis ke Mc Donalds kan (hehehe ga mau disanggah), dan untungnya bener tuh mobil ELF “kami” hehehehe. Abis mindahin barang-barang kami ke mobil ELF, ternyata kami harus lanjut nongkrong lagi sampai waktu berangkat tiba, karena kalo ga, kami bakalan too early nyampe di desa di Bromonya (tau deh namanya desa apa, lupa hiks).

DAY TWO
Skip cerita ga penting, akhirnya kami pun bertolak ke Bromo yang memakan waktu 4 sampai 5 jam hingga sampai di rumah Ketua apa gitu di Bromo (booking HardTop-nya juga atas nama Pak Ketua ini dan bakalan dijemput di rumah Pak Ketua ini). Ada enaknya juga karena begitu sampai kami bisa numpang ke kamar kecil hehehe. Tak lupa kami pesen makan pagi juga di Ibu Ketua (hanya Rp 10.000,- per orang dengan menu nasi goreng) biar ntar baliknya bisa dianter lagi ke rumah Pak Ketua dan nebeng ngasoh bentar and kamar kecil tanpa bayar asekkkkkk.

Perjalanan ke Bromo ditempuh dengan sebagian besar mata tertutup aka pada molor semua hehehe, jadi ga begtu terasa lama tau-tau sudah sampai di rumah Pak Ketua sekitar pukul 3 dini hari. Sementara peserta yang lain masih nyaman ndekem dalam mobil ELF, saya segera keluar karena sakau ama rokok, mana udara dingin lagi (ga tau pasti sih tapi pastinya dibawah 15° C soalnya dingin banget buat kita yang udah kebiasa hidup di panasnya Jakarta).
 Ga terlalu lama after kami numpang kamar kecil dan persiapan memakai winter coat (halah) dan tetek bengeknya dari syal, sarung tangan sampai topi, 2 mobil HardTop “kami” pun tiba. Tanpa buang waktu kami langsung cabut ke Penanjakan buat lihat sunrise.
Perjalanan ke Penanjakan ditempuh dengan jalanan yang mulus even berkelok-kelok ciri khas jalanan di pegunungan. Sampai di parking area Penanjakan kami masih harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki di jalanan bertangga yang cukup tinggi juga untuk sampai di lokasi untuk melihat sunrise, jadi kami putuskan rehat bentar di warung minum and indomie yang ternyata tak lain tak bukan milik Pak Ketua juga.
Lepas nyenack and nyruput teh panas, kami lanjut lagi ke atas yang bijibune ternyata sudah penuh umpel-umpelan banyak orang, walhasil desak sana desak sini baru deh dapat spot yang cukup bagus hehehe (ajian jurus desakan innocent belajar dari naik busway di Jakarta hiks). Thanks God kabut perlahan menghilang pada saat akan sunrise, jadi kali ini saya betul merasa goosebump dengan keindahannya.
Ketika matahari benar-benar sudah muncul perlahan, lokasi itu mulai berkurang kepadatannya dan memudahkan kami untuk bernarsis ria dengan latar belakang Kawah Bromo dan gunung-gunung lainnya di gugusan itu yang sungguh spektakuler. Saya pribadi sudah kali ke 3 ke Bromo tetapi kok perasaan saya kali ini yang paling dingin, sampai ga kuat rasanya, bikin mood saya ga ceria pokoknya.

Lanjut next destinasi yaitu Kawah Bromo yang hadehh separuh perjalanannya ditempuh dengan jalanan berkelok juga tapi dengan kondisi jalan yang benar-benar parah (miris juga sih, kok pemda-nya ga bikin jalan yang lebih smooth sehingga perjalanan lebih nyaman lebih safety and lebih cepet sampainya ke Kawah Bromo). Anggap saja HardTop yang saya naiki adalah HardTop 1 dan yang satunya adalah HardTop 2. HardTop 1 emang sedikit suka ngambek alias mogok, untungnya begitu di”elus-elus” dikit sama yang punya langsung greng lagi, horeeeee lanjut jalan lagi, padahal sempet deg-degan juga kalo mogok beneran gimana neh! “Ababil”-nya HardTop 1 untung tidak sampai membuat kami tertinggal jauh, bahkan HardTop 1 unggul aka nyampe duluan di dataran pasir berilalang (tau juga nih namanya apa, daerah padang pasir lepas dari jalanan turun nan hancur dari penanjakan) dan bahkan penumpang HardTop 1 masih sempat-sempatnya berhenti sambil bernasis ria dengan latar belakang Penanjakan sambil nunggu HardTop 2 menyusul.


Rekomendasi saya, sempatkan untuk berhenti dan berfoto ria karena latar belakang tebing-tebing penanjakan sungguh memukau. Saya sempet berfoto sendiri dengan latar belakang Penanjakan dan saya ingat saya pasang sebagai Propic di FB saya dan ada teman yang komentar mengira saya foto di Eropa, nah loh semuanya ada kan di Indonesia hehehe.

“Apa yang terjadi dengan HardTop 2?” bukannya lebih suka “ngambek”, tuh mobil lancar jaya banget deh, tapiiii salah satu penumpangnya ada yang hamil muda (#kode: mehong), nah loh! Asal muasal taunya hamil baru malam sebelum berangkat ke Surabaya hahaha, jadi tuh HardTop pas di jalan “geronjalan mesra” jalannya jadi kayak keong wakakakaka (about 8 months later, we were welcoming Baby G born healthy and handsome).
Cukup lama kami menanti HardTop 2 sebelum at last sampai juga di bawah Kawah Bromo yang mana harus dilanjutkan dengan berjalan kaki dan menaiki lebih dari 200 anak tangga hingga sampai di pucuk kawah. Secara peserta yang hamil muda sudah ga berani and ga boleh jalan jauh apalagi naik tangga segitu tinggi dan curam, maka doi memutuskan untuk istirahat di dalam HardTop. Saya yang merasa mood kurang baik juga memutusan untuk tidak naik ke puncak kawah (lagian udah pernah 2 kali sebelumnya). Saya jadinya nemenin bumil di parkiran. Satu hal yang saya suka bahwa sekarang HardTop-HardTop pemberhentian terakhir sedikit agak jauh dari awal “pendakian” ke Kawah Bromo, tidak seperti kali 1 dan ke 2 saya ke Bromo, HardTop bisa berhenti tak jauh dari awal “pendakian” ke Kawah Bromo, jadi secara visual menjadi lebih rapi and lebih teratur.

Kisah lucu terjadi di sini, tepatnya pada saat peserta pada kembali turun dari puncak Kawah Bromo, ternyata cerita punya cerita (kondisi sama juga dengan pas naiknya) mereka terpencar menjadi 2 atau 3 “kloter” berdasarkan “speed” masing-masing, unfortunately salah satu peserta tertinggal sendirian cukup jauh (#kode: madam) dan bingung mencari HardTop “kami” (padahal dari jauh saya sudah lihat dan melambai-lambai ke arah doi), walhasil sedikit panik doi menuju ke podium kecil semacam bagian information dan panggilan gitu.
Kebingungan saya yang sempat muncul karena melihat doi kok jalannya malah menjahui HardTop “kami” terjawab sudah, melalu toa yang kenceng banget saya dengar “Kepada Bapak Harry dari PT X di tunggu temannya di …. (podium itulah)” hiks nah yang nyasar siapa kok malah saya yang dipanggil-panggil kayak anak hilang. Secara nama saya yang dipanggil dengan terseok-seok saya pun mendatangi podium itu, hadehhh semua jadi tau nama saya deh (cieee).

Perjalanan balik ke rumah Pak Ketua ternyata ketakutan kami sebelumnya menjadi nyata yaitu HardTop 1 bener-bener “ngambek” ga mau jalan, hadeh piye jal? Untungnya HardTop 2 berhenti untuk membantu. Tapi apa dikata kali ini bener-bener mogok, walhasil penumpang HardTop 1 harus di-jejel-jejel-kan ke dalam HardTop 2 (itulah di awal cerita saya bilang … kapasitas maksimal super maksa bisa juga buat 8 orang penumpang…) yang untungnya muat mesti kayak sapi-sapi diangkut truk, mana serem-serem nikmat gitu secara ini jalan baliknya udah jalannya super jelek, medannya naik lagi, jadi berasa ngejungkir ke belakang. Untungnya sampai di rumah Pak Ketua dalam kondisi aman damai sentosa.

Turun dari HardTop sopirnya mendekati saya sambil mengingatkan untuk memeriksa kembali agar jangan sampai ada barang yang ketinggalan, duh baek juga nih mas kata saya dalam hati, mana saya sampe disuruh masuk ke mobil lagi buat nge-check dan dia buru-buru nyusul melalu pintu satunya masuk juga ke dalam mobil dan berkata “Pak saya ditambahin dong uangnya” HAH saya sempat tercengang bentar sambil nahan ngakak yang sudah guling-guling dalam hati.
Duh jadi kasihan juga, mana tadi boilnya dibuat angkut “sapi” lagi, akhirnya saya kasih deh tambahan meski hanya 10% dari harga sewa HardTop-nya (lha saya bingung mau kasih berapa, sikat aja 10%-nya, tau deh kebanyakan apa kurang, maap ye mas kalo kurang).

Di rumah Pak Ketua kami sempetin buat refreshment sebelum kembali ke Surabaya dan menyantap hidangan nasi goreng yang sudah kayak lontong bundar secara sudah dingin hahahahaha, tapi tetap lumayan juga secara perut keroncongan. Perut kenyang badan segeran dikit, kami minta diri pada Pak dan Ibu Ketua dan kembali bertolak ke Surabaya langsung ke hostel yang sebelumnya sudah kami booking dari Jakarta.

Siang menjelang sore kami sampai di Surabaya dan segera check in dan hore-nya mobil APV kami sudah ready yahuiiii dan hore 2x karena sopirnya sudah ganti dan yang ini tinggal sebut alamat langsung nyampe coi, kaga pake nyasar.
Sekali lagi beberes, mandi and leyeh-leyeh bentar kami lanjut untuk menikmati suasana malam minggu di Surabaya ini. 1st destinasi malam ini adalah Warung Bu Kris. Cita-citanya sih cari yang paling deket dari hostel yaitu setahu saya sih di belakang Bonet, lhaaa kok ternyata tutup (ternyata yang di sini cuman sampe sore doang bukanya), akhirnya muter and ngacir deh kearah Tunjungan Plaza, saya lupa jalannya, pokoknya dengan bantuan petunjuk teman akhirnya ketemu juga.

Dinner kali ini dipenuhi kata uenak, mantap, mak nyus, cap cus, idung meler kepedesan, pokoknya pas sudah di Jakarta lagi, kita nobatkan Warung Bu Kris jadi yang The Best Culinary yang kita singgahi di Surabaya (saya sih emang dari dulu sukanya pesen yang super extra pedas garuk-garuk hehehehe atau kalo teman saya bilang pedas mampus) ditemani minuman dingin yang gelas jumbonya sama kayak yang di Bu Rudy horeeeeee.
Untuk dessert-nya kami memilih untuk mampir ke Ice Cream khas Surabaya yaitu Ice Cream Zangrandi di Jl. Yos Sudarso sambil tak lupa pakai acara bernarsis ria hehehehe.
Perut super kenyang kami lanjut untuk “menengok” Pakuwon Supermall (mall biasa aja) dan Sutos (konsep kayak Citos tapi lebih ribet bangunannya) sambil sempat juga nongkrong di Sutos bentar, sebelum akhirnya mata sudah ga kuat lagi buat melek, mungin karena efek kurang tidur dan ga nyenyak semalam.

DAY THREE
Hari ini kami awali dengan packing dan check out serta langsung menuju tempat sarapan di dekat hostel yaitu soto ayam lamongan (deket kost saya dulu dan saya suka makan di sana jadi saya giring deh semua peserta buat breakfast di sono) yang cukup menuai pujian karena sotonya yang tidak terlalu berminyak dan rasanya pas banget (letaknya di halaman rumah di pojokan Jl. Ngagel Jaya Barat, kalo dari Jl. Kertajaya ke Jl. Ngagel Jaya trus ada perempatan bengkel Pegasus belok kanan).

Selesai sarapan kami lanjut ke Pasar Atom (belum ke Surabaya kan kalo belum nongol di Pasar Atom) dan sempat juga men-jajal beberapa kue-kue di sana terutama Cakwe Udang-nya yang mak nyus (at least menurut saya hehehe).
Dari Pasar Atom kami singgah ke Pasar Genteng, nah loh apalagi kalo ga buat beli oleh-oleh baik untuk diri sendiri maupun untuk teman-teman di Jakarta. Di sini dijual macam-macam makanan, cemilan, bumbu sampai bandeng asap khas Surabaya dan bahkan ada juga yang khas dari kota lain misalnya Pia cap Mangkok dari Malang.

Puas belanja oleh-oleh kami melaju ke Jl. Walikota Mustajab untuk lunch, dimana lagi kalo bukan di sate klopo (kelapa) yang notabene benarnya sate daging gitu deh yang setahu saya cukup terkenal dan selalu ramai bahkan sampai antri lho. Satu peserta (#kode: mehong) yang Jakarta tulen juga dengan santainya manggil si mbak dengan wajah sumringah minta acar, lhaaaa mbaknya cuma mlongo aja hahaha, mana ada sate di Jawa Timur yang dihidangkan dengan acar? dan saya pun belum pernah ketemu sate yang disajikan dengan acar hehehehe.

Waktu yang tersisa masih cukup lama jadi kami putuskan untuk men-jajal landmark baru Surabaya yaitu Jembatan Suramadu. Wokey tancep gas ke sono. Jembatan sepanjang about 5.5 km ini menghubungkan antara Pulau Jawa dengan Pulau Madura dan merupakan sebuah highway aka jalan tol, jadi masuk kudu bayar Rp 30.000,- dan sayangnya ga ada tempat pemberhentian sama sekali di tengah jembatannya buat menikmati pemandangan di sana, jadi foto pun dilakukan dari dalam mobil sambil mobil tetap jalan. Katanya sih bisa berhenti bentar asal ga ketahuan patroli but for me sih ga safety banget secara itu adalah jalan tol (jadi ga rekomen banget buat curi-curi berhenti di sono cuma buat foto).
Niatnya emang kami cuma mau jajal Jembatan Suramadu, jadi begitu keluar kita langsung muter balik (cukup jauh nih muternya baliknya dengan pemandangan yang tandus dan gersang), masuk lagi, bayar lagi, nyampe lagi di Surabaya. Jarak tempuh bolak balik direct (alias kaga mampir-mampir di Maduranya) dengan kecepatan normal di jalan tol kira-kira sekitar 30 menit-an (pulang pergi nih).

Puas sudah ngelewatin Jembatan Suramadu kami sempat kebingungan mau kemana lagi, karena jam tersisa juga nanggung buat kemana-mana (dengan jam pesawat kami balik ke Jakarta) akhirnya kami melaju ke Bandara Juanda. Dalam perjalanan ke bandara, pas di bunderan Waru kami sempatkan nginceng bentar ke Sun City Mall yang dari luar bangunannya cukup menarik meskipun ternyata dalamnya kurang. Ga berlama-lama di Sun City Mall kami kembali melaju ke Bandara Juanda.

So dengan tolehan terakhir (lebay) kami pun mengucapkan so long Surabaya and we’re coming back Jakarta.

Special note: Beberapa Culinary Favorit saya selama stay 8 bulan di Surabaya yang belum sempat didatangi lagi pada trip ini:
- Pecel pincuk depan Bonet (pagi hari)
- Rawon Pasar Pucang depan Pasar Pucang (malam hari start around 9 pm)
- Nasi Empal Pengampon dan Kol Nenek (pagi hari di Gang Pengampon).
   Ada menu bubur-nya yang mengandung babi.
- Es Degan (kelapa muda) Lychee di Bengkel Pegasus (malam hari Jl. Ngagel Jaya)
- Chinesee food MOI di Bonet (ada menu mengandung babi).
- Mie Makasar/UP sebelah kebon bibit, tendanya pink (malam hari Jl. Ngagel Jaya Selatan)
- Pecel Keputran depan Pasar Keputran (malam hari start around 7 pm)
- Bakmie Gilli (mesti check lagi halal atau tidaknya) di Jl. Kertajaya dan banyak tempat
- Sate Babi di Jl. Dharmawangsa deket perempatan ama Jl. Kertajaya (malam hari)

2 comments:

  1. boleh minta no travelnya mas?

    ReplyDelete
  2. Of Course. coba hubungi Novie di 0817557327 atau Adi di 08179646673.
    mention aja dr blog saya :)
    btw thanks for visiting my blog yah.

    ReplyDelete