Tuesday, February 08, 2011

Less Than 24 Hours in Kuala Lumpur (KL)

*Bisik-bisik* “Eh ada tiket murah bener nih ke KL, mau ga?” dan cerita ini dimulai dari sebaris kalimat singkat dan sederhana itu. Ribut sana sini, akhirnya diputusin gila-gilaan (at least for us nih yah) one day trip (03/02/2011) to KL aka berangkat pagi pulang malem (aji gile kayak ke Bandung aja), supaya irit di biaya penginapan nih cita-citanya. Tgl 03/02/2011? Kan Imlek tuh! Bener sekali sodara-sodara, ceritanya pengen ngerasain Imlekan di tetangga sebelah gitu. Sangking keseruan rembuq-an, walhasil tiket tgl 03 pagi sudah ludes, hampir pupus harapan akhirnya nemu juga ticket berangkatnya tgl 02 malam and biar tetep irit di penginapan maunya sih tidur di airport (terinspirasi after baca bukunya Trinity). Klik sana klik sini akhirnya ticket is on hand.

Satu dua hari menjelang keberangkatan semakin lama semakin dipikir kok parno juga yah tidur di airport. Kalo diusir gimana? (tengsin abies kan), trus mandinya piye? Trus charge BB dimana? Ribeut dah. Akhirnya mulai hunting homestay apa guesthouse yang murmer aka murah meriah. Berhubung *ternyata* Imlek di KL adalah masa Peak Season, semua homestay ama guesthouse pada penuh or ga bisa booking lewat internet.
Tekad punya tekad kami mutusin untuk go show, worse scenario kalo ga dapet penginapan kita mo cari café 24 jam buat nongkrong sampe pagi kikikik. Tgl 02 pun tiba, kami berempat (kebetulan sekantor semua) TET jam 4 pm langsung ganti baju santai and langsung panggil taxi and cabut ke bandara (sepatu and baju bekas ngantor tinggal di laci kantor deh). Sempet deg deg-an juga karena sempet macet parah tuh tol-nya (Jakarta gitu! abies ujan and besoknya long weekend!) but Thanks God, macetnya sampe cawang doang selanjutnya lancar jaya dah. Sampe di Soetta T2 buru-buru langsung check in (mepet? Ga sih, soalnya mo dipuas-puasin ngejogrok di executive lounge dulu hehehe, makan minum gratis cuiiii).
Puas makan minum (and ngerokok buat saya, secara sekarang tempat ngerokok semakin terbatas di Soetta) 30 menit sebelum jam boarding kita masuk ke boarding room dan ternyata baru di-info kalo pesawat kita delay 20 menit (ihiks padahal kan tadi benernya bisa nambah minum ama cemilan lagi, secara pulang kantor belum makan langsung ke Soetta).
After kurang lebih sejam berbengong-bengong di boarding room, akhirnya take off juga kita ke KL, cihuy. Udah tiket tgl 02 malem, sempet di delay walhasil nyampe di KL – LCCT (ihiks ga turun di KLIA soalnya budget plane) tgl 03 jam 12.20 am-an deh. Salah satu dari kami sempet ditanyain ama petugas imigrasi KL *kurang lebih nih* “Berapa lama di KL?”, “Malam ini sudah balik Jakarta” jawab temen saya dan seterusnya (cieeee berasa businessman).
Lolos dari imigrasi kami memutuskan untuk naik taxi ke daerah Bukit Bintang (sebelumnya sih udah cari info and katanya daerah itu banyak homestay or guesthouse murmer) secara bus, LRT sudah ga beroperasi. Kami memutuskan untuk pakai budget taxi airport yang bayarnya di loket taxi tersebut. “how much?” tanya saya “MYR 112” jawab mbak kasirnya, WOW mahal bener cuiiii (ternyata di KL kalo after jam tertentu ongkos taxi pada naik semua, bukannya lebih murah ihiks). Perjalanan dari LCCT sampai ke Bukit Bintang lama juga, padahal tuh taxi udah ngebut kepot sana kepot sini and jalan raya sepiiiii banget.
Sampai di daerah Bukit Bintang kita mau jajal info temen untuk homestay yang murmer, jadi langsung kita kasih alamatnya ke pak sopirnya. Jiah sopirnya meski orang melayu tapi ngomongnya kumur banget (ihiks babar blas ga mudeng dia ngomong apa). Udah ditunjukin alamatnya and sudah sampe jalan Bukti Bintang tapi tetep aja ga bisa nemu tuh homestay yang dituju. Akhirnya kami memutuskan turun dari taxi dan lanjut cari tuh homestay dengan jalan kaki dan Thanks God (thanks juga ama mas-mas India yang bantu kami kasih info tuh alamat) nemu deh homestay-nya and Thanks God againnnnnn ada 2 kamar yang kosong untuk malam itu saja, secara waktu itu sudah jam 02 am-an. Tanpa babibu langsung check in (parno juga ga bisa tidur, secara sebelah persis ternyata bar gitu dengan music ajeb-ajeb yang kenceng sampe kaca jendela depan tuh homestay keder-keder gitu, tapi untungnya nyampe kamar situasinya tenang banget). Sikat gigi, cuci muka langsung bobo (mandi? Em… skip dulu deh).

Pagi hari cita-citanya nih mau naik ke Bridge di KLCC (ongkos MYR 10) yang denger-denger karcisnya cepet abies dan harus antri dari jam 06.30 am. Tapi nasib berkata lain, kami jam 7 am baru bangun. Langsung mandi and cabut cari sarapan. Lhaaaaaaa kok sepi bener nih kota? Ga ada yang buka, paling Seven Eleven doang. Puter sana puter sini, AHA dapet deh mbak-mbak jualan Nasi Lemak di pinggir jalan. Rasanya lumayan, taste-nya seperti nasi uduk tapi lebih light dan harga juga bersahabat. Abies sikat habis nasi lemak dan minum di Seven Eleven, kita lanjut muter-muter daerah Bukit Bintang yang notabene sepi banget dan belum pada yang buka.
Celingak-celinguk di jalanan sepi *sempet photo session sih*, diputuskan untuk ke KLCC dengan jalan kaki (karena baca di plang ijo, jaraknya dari Bukit Bintang cuman 1.6km). sampai di KLCC suasana sudah mulai ramai and tetep kehabisan tiket buat naik ke Bridge or Observation KLCC. Ujung punya ujung akhirnya photo session lagi deh di KLCC.
Di KLCC pula salah satu peserta ada yang sempetin bertemu ria dengan temen lamanya meskipun ga bisa lama-lama karena musti kudu jalan balik lagi ke homestay buat check out.  
Check out dari homestay kami lanjut lagi jalan ke Sungai Wang (buat 3 orang yang sebelumnya belum pernah tau apa itu Sungai Wang, sungguh menggelikan karena ternyata Sungai Wang ga jauh beda ama ITC Kuningan. Lah emang dipikir apaan? Dikirain ada sungai yang di sepanjang jalan banyak toko2 gitu ihiks). Melangkah keluar dari Sungai Wang (sempet nih muter-muter mbulet gitu) kami sempetin menikmati Turkish’s Ice Cream seharga MYR 5 (tapi menurut saya “show”-nya lebih heboh dan menarik yang di Walking Street - Bugis Singapore deh). Rupanya ice cream memancing rasa lapar yang sempet tertahan sebelumnya, muter sana sini (sampe ada yang nanya polisi cuiiii) ihiks akhirnya lunch di KFC juga.
Selesai lunch kami memutuskan untuk menghabiskan waktu, hingga harus balik ke LCCT, ke Central Market aka Pasar Seni yang terkenal dengan jadulnya dan souvenirs yang murmer. Kali ini perjalan kami tempuh dengan men-jajal layanan Monorel dan LRT di KL. Seperti di Bangkok yang menggunakan MRT dan BTS, tetapi di KL 2 macam layanan tersebut tidak menyambung, jadi dari terminal monorel ke terminal LRT harus jalan kaki di jalan terbuka yang cukup jauh.

Sesampai di Central Market, seorang peserta lain menyempatkan bertemu dengan teman lama meanwhile yang lain jalan muter-muter en beli sedikit souvenirs dan oleh-oleh coklat yang memang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan souvenirs di tempat lainnya. Maksud hati pengen nih muter terus tapi apa daya kaki nih ga mau kompromi. Saya pun dalam perjalanan kali ini apes banget, ga tau kenapa tiba-tiba otot di bawah mata kaki sebelah kiri seperti kecentit gitu, jadi kalo dipakai buat jalan jadinya sakit (walhasil perjalan balik ke airport saya tempuh dengan terpincang-pincang). Sesudah menyempatkan diri untuk ngasuh bentar di food hall di Central Market, maka kami memutuskan sudah waktu-nya say goodbye to KL and back to LCCT.

Perjalanan balik ke LCCT kami tempuh dengan menggunakan LRT, yang mana untuk ke LCCT harus berhenti di terminal tertentu *lupa namanya* dan lanjut dengan bus, karena akses LRT yang langsung hanya untuk ke KLIA. Yang menyenangkan di sini kami tidak perlu beli tiket bus lagi karena sudah paket dengan harga LRT ke LCCT. Dan sodara-sodara biayanya lebih murah banget daripada naik taxi. Biaya LRT and Bus ke LCCT dari terminal KL Sentral hanya MYR 12.50 per orang sekali jalan, padahal jika naik taxi dengan harga normal dan bukan harga malam hari, kurang lebih sekitar MYR 70 untuk 1 taxi dengan 4 orang penumpang.

Sesampai di LCCT (benar sekali sodara-sodara saya masih terseot-seot, bahkan sakitnya sampe saat saya menulis cerita ini, belum ilang-ilang juga, terutama jika dipakai jalan agak lama dikit) kami sempatkan untuk dinner dulu, muter sana sini huahuaaa akhirnya dinner juga di salah satu fastfood local di KL yang terus terang untuk taste dan porsinya ga banget – nyesel deh .
Duduk di boarding room di LCCT tampang pada murung semua, bukan karena ninggalin KL tapi soalnya besok tgl 4 kudu kerja lagiiiii huhuhuhuhu, padahal sampe Jakarta diperkirakan sekitar jam 11pm, haduh aduh. Yah sudah lah, bye bye KL, see you in May 2011 (Lho kok? Hehehe iya sodara-sodara benernya dari awal tahun sudah beli tiket ke KL for 4 days 3 nights, entah apa yang merasuki kami sehingga ga tahan liat tiket murah lagi and here we were in KL less than 24 hours).

Ada yang lucu juga pas balik ke Jakarta, pas giliran saya, orang imigrasinya bingung mau stempel kok stempel imigrasi KL tgl 3 juga, nanya deh dia “Cuman satu hari yah Pak?”, “Iya” jawab saya dengan muka sombong innocent wakakakakaka. Secara tampang kita kere banget bukan penampilan ala boss-boss, kya.

2 comments: